S.E.

Alhamdulillah, saya lulus!

Ramadhan tahun ini begitu banyak nikmat yang kami dapat. Tidak sempurna memang. Tapi sebenarnya sudah terlalu banyak mengingat syukur yang kami panjatkan padanya begitu minim. (…^istighfar^…)

Saya sudah punya Ummi Harestya, pun punya dedek yang semakin gencar menunjukkan eksistensinya. Sungguh kebersamaan bersama orang-orang terdekat ini merupakan nikmat tiada tara.

Satu lagi, bahwa saya baru saja menyelesaikan Sarjana Ekonomi dan resmi diwisuda 17 September 2011 di Balairung kampus tercinta. Meskipun sudah terhitung tua untuk mengejar sarjana, alhamdulillah masih ada semangat untuk itu. Setelah sebelumnya begitu hetic dengan skripsi, dengan izin Alloh, dan bantuan banyak orang, kelar sudah. Honourable Mention tentu saja untuk istri tercinta, yang sudah bersedia mengeroyok skripsi saya, dan sejenak mengesampingkan skripsinya sendiri.

Perjuangan kelulusan saya kali ini sangat tidak mudah. Saya bahkan sempat mengalami (nyaris) sangat tertekan terkait skripsi. Tidak tidur sama sekali selama sekian hari. Hanya tidur sekian jam selama berhari-hari. (yang pernah skripsi pasti mengerti). Tidur hanya, mandi cuma, minum hanya, makan cuma…, (Nah untuk yang ini PJ-nya Ummi, suka disuapin ^_^).

Ah, yang pasti saya sudah lega semua telah berlalu. Mungkin di sini saya ingin sedikit berbagi tips mengerjakan skripsi dari pengalaman yang didapat, semoga bisa berguna bagi yang membutuhkan:

1.Pastikan memilih tema yang disukai, tidak harus yang dikuasai, tetapi yang disukai terlebih dahulu. Karena kalau sudah suka, insya Alloh akan menikmati, atau berusaha belajar. Jadi skripsi bukan akan menjadi beban, melainkan pembelajaran yang menyenangkan.

2. Tema yang disukai harus diselaraskan dengan ketersediaan data. Kadang kita berminat terhadap suatu tema, tetapi data gak tahu mau cari di mana, atau susah didapat, atau bahkan gak mungkin didapat, ya berarti tema itu tidak realistis diambil.

3. Saat membuat proposal, usahakan untuk membuat proposal minimal sampai Bab 3 (yang dipersingkat). Mengapa? Karena dengan sampai Bab 3, kita udah melihat metodologi penelitian secara lebih rinci, sehingga bisa menimbang-nimbang apakah datanya memungkinkan atau tidak. Ini juga terkait tips nomor 2 di atas.

4. Jenis umum skripsi ada dua macam: kuantitatif atau kualitatif. Untuk memilih jenis skripsi kuantitatif, kita harus dibekali ilmu statistik yang sangat memadai,__minimal punya teman yang mempunyai kemampuan itu untuk kita repotkan dengan berbagai pertanyaan kita__. Jika keadaan itu tidak ada, maka sebaiknya jangan mengambil jenis kuantitatif, pilihlah skripsi kualitatif, yang lebih banyak berkata-kata, sedangkan angka-angka hanya sebagai pendukung kata-kata itu, bukan bertopang pada angka statistik seperti halnya skripsi kuantitatif. (Notes: penulis mengambil kuantitatif dan sempat mati-matian dengan statistik dan softwarenya, meski akhirnya malah semakin menguasai statistiknya)

Sesaat sebelum sidang bersama cinta^_^

5. Pahami karakter dosbing, dan kita harus menyesuaikan. Jangan terlalu berharap dosbing akan mengerti keadaan kita, karena memang sepertiga energi perjuangan skripsi itu tersedot untuk ‘pengejaran’ terhadap dosen pembimbing (dua pertiga lainnya adalah materi skripsi dan sidang). Sopan dan hormat terhadap dosen, tetapi jangan menjilat.

6. Ketika mencari literatur ataupun data di internet, fokus. Jangan sambil membuka facebook atau twitter karena kemungkinan besar malah akan lebih banyak sambilannya tersebut (hayoo ngaku..).

7. Manajemen waktu. Jangan menantang deadline. Udah tahu deadline=garis mati. Kalau deket-deket berarti menantang maut. Mending kerjain lebih awal, lebih santai kayak di pantai, lebih slow kayak di pulow.

8. Kalau lagi stuck berkata-kata, istirahat sebentar, kemudian tulis lagi. Jangan kalah sama syetan malas yang kadang menjelma menjadi alasan rasional seperti: stuck, gak mood, gak ada inspirasi, refreshing dulu, dkk. Seburuk apapun susunan kata kita yang penting ada dulu, nanti dosbing juga akan membantu mengoreksi.

9. Jaga kondisi jangan sampai sakit. Entah gimana caranya kita sendiri yang lebih tahu masing-masing. Percayalah, jika sakit, banyak hal yang akan tertunda, jadi malah tidak efektif ataupun efisien.

10. Sayangi laptop atau komputer Anda. Berikan haknya untuk istirahat. Skripsi saya menghabiskan sebuah laptop yang almarhum saat sidang skripsi. Bahkan sudah tidak mampu lagi mengerjakan revisi setelah sidang. Terima kasih laptopku, jasamu akan kukenang selalu…

11. Sidang skripsi. Merupakan dua atau tiga jam yang selalu terkenang bagi seorang sarjana. Kuncinya sederhana: pahami skripsi kita sebaik-baiknya, dan yakinlah seahli apapun dosen penguji, tetaplah kita yang lebih menguasai skripsi yang kita buat. Dan ingat, mereka bukanlah musuh, melainkan orang-orang yang akan membuat produk skripsi kita menjadi semakin sempurna, posisikan sebagai sahabat yang sedang memberikan kritikan positif (dengan cara mereka sendiri)==>tahu kan maksudnya? ^_^.

12. Hal terpenting, hubungi orang-orang tercinta, orang tua, keluarga, sahabat, teman dan selalu meminta agar skripsi dan sidang diberikan kemudahan oleh Alloh SWT. Kita tidak akan pernah tahu dari mulut siapa doa kita terkabul.

13. Menikahlah, kita akan mendapat teman sejati yang sebenar-benarnya dalam mengerjakan skripsi. ^_^

Demikian pengalaman yang dapat sayaΒ share ke semua Sahabat Harestya. Sebagai tambahan informasi, saya sempat merasa skripsi sangat susah sekali, karena justru dosen pembimbing terlihat menghambat dan ‘mempermainkan’ meskipun dengan alasan yang rasional. Sehingga baru pada last minute dinyatakan lulus, bahkan setelah sidang masih revisi yang sifatnya substansi, nge-run data lagi. Ternyata, memang dosbing ingin memoles skripsi dengan se-perfect mungkin, meskipun sempat membuat saya panas dingin kembang kempis. Alhamdulillah dapat nilai yang memuaskan bahkan dosbing meminta izin mengajukan skripsi itu untuk konferensi ekonomi nasional. Horray!

It's a happy ending

It’s a happy ending

[Abi]

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

24 Responses to S.E.

  1. ~Amela~ says:

    Waaah… selamat ya mas.. πŸ˜€
    semoga saya juga bisa segera nyusul.. dah kangen sama kuliah ini πŸ˜€

  2. Agung Rangga says:

    wuaaah, selamat ya abi. πŸ˜€
    tips skripsinya bagus juga tuh buat saya nanti kuliah. πŸ˜‰

  3. monda says:

    Abi … selamat ya .. sudah berhasil lulus satu tahap kehidupan,
    juga buat Umi yang sudah ikut menyemangati,
    sekarang gantian Umi yang kerja keras, Abi yang bantuin…., kerja sama yang manis ya
    semoga Umi segera menyusul

  4. eruin says:

    selamat ya. betewe, yang saya heran: saya dari dulu besok kalo habis wisuda juga mw bikin postingan berjudul –persis– S.E. *aneh ya..

  5. eruin says:

    selamat ya. betewe, yang saya heran: saya dari dulu juga udah mikir besok kalo habis wisuda mw bikin postingan dengan judul –sama persis– S.E. *aneh ya..

    • Wah…persis sama ya??? Klop berarti…tapi saya duluan ya…hehe…gapapa nanti bikin judul sama kan isi pasti berbeda. Yang pasti kalo mengutip di sini sebutkan sumbernya ya…^_^
      #metodeskripsi

  6. Asop says:

    Alhamdulillah… saya ikut senang atas kelulusan sang suami. 😳

    Eeeeh itu di foto terakhir, kok rumputnya diinjek sih?? Sayang banget… 😦

  7. omiyan says:

    sukses dan terus sukses untuk langkah selanjutnya

  8. penguin says:

    sekedar mengingatkan, ada kewajiban yang belum terpenuhi, makan-makan!!!!

    mari kita sesuaikan jadwal bung *.*

  9. alinaun says:

    waah, ini nih yang sekarang sedang saya lakukan πŸ™‚ terima kasih banyak ya masukannya ^^

  10. Berapa banyak mahasiswa yang terganjal dan akhirnya letoy gara2 skripsi. Dibutuhkan semangat yang tinggi, apalagi mengingat sudah terlalu banyak kesibukan dari sekedar mahasiswa biasa.

    Selamat atas keberhasilannya.

  11. tuaffi says:

    wahh.. selamat yaaa.. sudah lulus. πŸ™‚

    senangnya kalau skripsi ada teman setia.

    salam kenal.

  12. @cikvee says:

    Selamat ya Abiiii nya Umiiii….! Langsung Lanjut Thesis donkkk….!

  13. Mila says:

    selamat….selamat

    menempuh hidup baru ni πŸ™‚

  14. Syukriy says:

    Selamat, ya mas.
    Semoga sukses selalu.
    Amin.

  15. ez13 says:

    selamat mad, doain gw segera nyusul sarjana juga ya πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s